Tips Memilih Bunga Papan Untuk Acara Pernikahan

Tentunya sudah banyak yang tahu apa itu bunga papan bukan? Tradisi memberikan bunga papan sudah umum di masyarakat sejak zaman dahulu. Bunga papan biasanya dibuat dari bahan Styrofoam, kemudian disangga atau diberikan kaki-kaki. Styrofoam ini akan dihias dengan menggunakan spon warna warni dan dirangkai bunga. Jika Anda berpikiran bahwa bunga papan hanya untuk ungkapan duka cita atau bela sungkawa maka itu salah. Saat ini bunga papan bisa dimanfaatkan untuk ucapan suka cinta. Misalnya untuk ucapan pernikahan, dibukanya perusahaan baru, dan masih banyak lainnya. Juga biasanya bunga papan tidak hanya di gedung atau tempat resepsi pernikahan saja. Namun juga bisa ada di rumah pengantin.

7 Tips Memilih Bunga Papan Pernikahan Terbaik

Pernikahan menjadi momen yang sangat sakral dan penting untuk setiap pengantin. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberikan ucapan kepada pasangan bahagia. Salah satunya adalah memberikan bunga papan. Mengirimkan bunga papan ke tempat pernikahan atau rumah pengantin akan memberikan dukungan besar bagi pengantin. Selain itu juga memberikan kesan baik dan megah di halaman depan rumah.

Bagi Anda yang ingin memberikan bunga papan untuk pernikahan. Ada baiknya untuk menyimak beberapa tips berikut ini.

  1. Kedekatan dengan Pengantin/Keluarga Pengantin

Apabila Anda merasa cukup dekat dengan keluarga atau pengantin itu sendiri. Tentunya kita harus lebih mengutamakan kualitas dari bunga papan yang akan dipesan. Jangan sampai kita membuat kecewa dengan mengirimkan bunga papan yang terlihat biasa-biasa saja. Jika kita sudah tahu bunga atau gaya desain yang disukai oleh pengantin atau keluarga, maka bisa menyesuaikan dan memberikan bunga papan terbaik pastinya. Hal ini nantinya akan membuat pengantin atau keluarga pengantin menjadi senang. Tetapi jika kita tidak merasa cukup dekat dengan pengantin atau keluarga. Maka tidak harus memikirkan detail mengenai bunga papan ini. Anda cukup memberikan bunga papan yang rapi dan baik saja.

  1. Ukuran Bunga Papan

Perlu diketahui dengan baik bahwa ukuran bunga papan bervariasi. Oleh sebab itulah, kita juga harus mempertimbangkan bunga papan mana yang harus dipilih. Sebab jika ukuran bunga papan terlalu besar maka biaya yang akan dikeluarkan nantinya menjadi semakin mahal. Akan tetapi hal ini bisa disesuaikan dengan biaya yang dimiliki. Bunga papan berukuran besar sebenarnya bisa bernilai estetik lebih daripada bunga papan dengan ukuran kecil. Namun tetap saja harus tergantung dengan isi bunga papan. Jika semakin kreatif, maka bunga papan tersebut akan semakin estetik. Umumnya bunga papan mempunyai ukuran 2×1.5meter. Tetapi kita sebagai konsumen juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan tentunya.

  1. Kombinasi Warna Bunga

Dalam bunga papan, bunga memang menjadi ornamen utama dalam dekorasi. Oleh sebab itulah, kita harus detail dalam memperhatikan kombinasi warna bunga. Tentunya sudah diketahui sendiri bahwa bunga memiliki banyak jenis dan banyak warna. Tiap-tiap toko bunga pun pastinya juga mempunyai katalog atau daftar bunga yang dimilikinya. Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak untuk melihat dan memutuskan kombinasi warna bunga seperti apa yang akan dipesan. Apabila Anda merasa bingung, bisa berkonsultasi dengan toko bunga papan terlebih dahulu.

Perlu diketahui bahwa pernikahan merupakan acara cukup besar. Jadi jangan sampai bunga papan yang kita berikan untuk pengantin atau keluarga memiliki kesan buruk atau norak. Sebab, pemberian bunga papan tersebut akan mencerminkan personalitas. Pastinya juga Anda tidak ingin menghancurkan nama baik hanya karena salah memilih bunga papan bukan. Pilih bunga papan dengan warna cerah dan mencerminkan pernikahan tersebut.

  1. Menggunakan Bunga yang Segar

Sebagai konsumen, biasanya akan diberikan dua pilihan. Ingin menggunakan bunga palsu atau bunga asli. Akan lebih baik jika memilih bunga asli atau bunga hidup untuk bunga papan. Anda pun harus memastikan bahwa bunga tidak layu dan memberikan tampilan segar. Perlu diketahui bahwa hal ini akan berdampak secara langsung dengan estetika bunga papan yang nantinya akan dipesan. Umumnya bunga papan yang menggunakan bunga asli bisa bertahan selama 7 hari. Oleh karena itulah sangat penting bagi kita untuk bisa memilih bunga yang masih segar.

  1. Mempertimbangkan Harga

Hal penting lain yang harus dipertimbangkan dengan baik adalah mengenai harga bunga papan. Terkadang budget yang sudah dipersiapkan dipatahkan dengan harga bunga papan mahal, dan hal ini sering terjadi. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika sebelumnya melakukan survey mengenai harga bunga papan di tiap florist. Tidak harus semua florist, namun cukup beberapa saja. Antara satu florist dengan florist lainnya pun memiliki penawaran harga berbeda-beda. Ada yang memberikan penawaran harga cukup mahal, namun ada juga yang memberikan penawaran harga cukup terjangkau. Namun florist yang berpengalaman dan paham maksud konsumen pastikan akan memberikan penawaran harga terjangkau.

  1. Model Bunga Papan

Anda pun juga harus tahu bahwa bunga papan memiliki banyak model. Nah Anda harus mengetahui model bunga papan seperti apa saja yang bisa dibuat oleh florist tersebut. Pilih model bunga papan yang sesuai dengan acara pernikahan. Jika ingin tahu model bunga papan apa saja yang bisa dibuat oleh florist tersebut. Maka bisa meminta katalog dari florist tersebut. Selain itu Anda juga bisa melihat dari media social-nya.

  1. Pemilihan Mahkota

Biasanya bunga papan pernikahan memiliki 2 bagian mahkota, yakni di atas dan bawah. Nah pada bagian ini, kita bisa meminta pada florist untuk memberikan jambul panjang dari ujung kiri sampai kanan. Jambul ini akan menjadi pembeda antara bunga papan pernikahan dengan bunga papan duka cita atau bela sungkawa. Perlu diketahui bahwa jambul yang memanjang akan memberikan tampilan lebih indah dibandingkan dengan jambul yang berada di dalam.

  1. Kualitas Florist Menentukan Kualitas Bunga Papan

Memilih bunga papan pernikahan pun juga harus memperhatikan kualitas dan kemampuan florist. Apabila toko bunga mempunyai kualitas baik tentunya tidak perlu khawatir mendapatkan bunga papan buruk. Jika ragu mengenai kualitas dan kemampuan, maka bisa melihat bunga papan yang sudah dibuat. Juga kita bisa melihat dari media social dan mengetahui seberapa banyak pelanggan yang sudah bekerja sama dengan florist tersebut. Namun apabila masih merasa kesulitan untuk mendapatkan florist yang benar-benar tepat. Maka bisa meminta rekomendasi teman atau kerabat yang sudah pernah memesan bunga papan sebelumnya. Pastinya mereka bisa memberikan rekomendasi mengenai beberapa florist yang berpengalaman dan terpercaya.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bunga papan acara pernikahan terbaik dan sesuai kebutuhan. Hal yang paling penting dalam pemilihan bunga papan adalah pemilihan toko bunga. Jangan sampai Anda memilih toko bunga papan yang salah. Sebab hal ini akan membuat Anda kecewa dan tidak mendapatkan bunga papan yang sesuai kebutuhan tentunya.

Chat dengan kami melalui WhatsApp