Tips Memilih Buket Bunga Pernikahan Sesuai Kepribadian

buket-bunga-pernikahan

Pesta pernikahan tidak lengkap tanpa adanya dekorasi bunga. Dari zaman dulu sampai sekarang, dekorasi bunga menjadi salah satu hal penting yang harus ada ketika acara pernikahan. Umumnya bunga-bunga dekorasi ini paling banyak disematkan pada panggung untuk mempelai pria dan wanita. Bahkan pada jas mempelai pria pun biasanya juga disematkan bunga untuk membuat tampilan menjadi lebih berkelas. Salah satu dekorasi bunga yang tidak boleh luput dari pengantin perempuan adan buket bunga pernikahan atau hand bouquet. Dimana hand bouquet ini nantinya akan dipegang oleh mempelai wanita dari awal acara sampai akhir acara pernikahan. Biasanya ketika menjelang akhir acara, hand bouquet ini akan dilemparkan dan ditangkap oleh orang yang belum menikah. Mitosnya supaya yang mendapatkan hand bouquet ini ikut menyusul menikah.

Baca juga : contoh nota konveksi kaos

7 Cara Memilih Buket Bunga Pernikahan Menarik

Memilih buket bunga pernikahan sebenarnya gampang-gampang susah. Sebab jika tidak sesuai dengan tema pernikahan atau lainnya akan membuat buket bunga tersebut kurang pas. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika sebelumnya Anda memutuskan dengan lebih baik dan selektif. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih buket bunga pernikahan terbaik.

Menyesuaikan Tema Pernikahan

Sebelumnya pasti sudah menentukan tema pernikahan seperti apa yang akan diusung bukan? Nah buket bunga pernikahan yang dipilih ini tentunya harus menyesuaikan dengan tema pernikahan. Misalnya, Anda ingin memilih pesta pernikahan di luar ruangan, pastikan buket bunga yang dipilih sesuai dengan tema outdoor. Mungkin pengantin akan merasa sedikit kebingungan saat pemilihan buket bunga ini. Akan tetapi ketika buket bunga pernikahan yang dipilih tepat, maka akan memberikan kesan baik.

Sesuaikan Ukuran Gaun Pernikahan

Kemudian Anda juga harus menyesuaikan buket bunga pernikahan dengan gaun pernikahan yang akan dikenakan nantinya. Warna bunga yang digunakan membuat buket bunga dan jenis bunga setidaknya harus sesuai dengan motif, detail serta gaun pernikahan atau pasangan. Selain itu juga harus menyesuaikan dengan warna gaun yang dipakai. Jadi nantinya tidak akan membuat warna kontras selama acara pernikahan berlangsung.

Memperhatikan Ukuran & Bentuk Bunga

Selanjutnya dari segi ukuran buket bunga pun juga harus dipertimbangkan dengan baik. Ini dikarenakan sepanjang acara pesta pernikahan, pengantin wanita akan memegang buket bunga. Yang mana para tamu undangan nantinya pun juga akan memperhatikan sepanjang hari. Jika gaun pernikahan mempunyai ornamen rumit, maka bisa memilih bunga yang lebih simpel. Kemudian dari segi bentuk buket bunga pernikahan pun juga harus disesuaikan. Sebab akan berpengaruh pada penilaian tamu undangan nantinya.

Berikut ini beberapa jenis buket bunga pernikahan yang umum dipilih oleh pengantin:

  1. Round

Adalah buket bunga yang paling sering dijumpai di acara pernikahan seluruh dunia. Bentuknya seperti bola atau kubah. Untuk membuat buket bunga pernikahan ini pun biasanya menggunakan satu jenis bunga. Seperti bunga mawar atau peony. Umumnya hand bouquet ini hanya mempunyai satu warna, namun keindahannya pun tidak kalah dengan buket bunga lainnya. Jika ingin mendapatkan kesan sederhana dan elegan, maka bisa memilih buket bunga ini.

  1. Nosegay

Buket bunga pernikahan ini dibuat dari bunga dan dedaunan yang dirangkai membentuk buket mungil serta ringan dibawa. Untuk buket bunga ini hampir mirip dengan buket bunga posy. Yang membedakannya adalah jumlah tumbuhan hijau dikombinasikan dengan bunga. Buket bunga nosegay ini tidak hanya bisa dipegang oleh mempelai wanita saja. Tetapi juga pengiring pengantin pun bisa membawa buket bunga pernikahan ini. Apabila ingin mendapatkan tampilan sederhana dan kompak dengan bridesmaid. Maka bisa memilih buket bunga nosegay ini.

  1. Cascade

Merupakan buket bunga yang memiliki bentuk layaknya air terjun. Biasanya buket bunga ini dibuat dari bunga anggrek dan dedaunan yang merambat. Sebagai pemanis, buket bunga cascade pun bisa diselipkan bunga mawar. Warna bunga yang cocok untuk membuat buket bunga cascade adalah warna putih, ungu, dan merah. Buket bunga cascade ini memberikan kesan kuat dan menonjol. Cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan keanggunan menonjol di acara pernikahan.

  1. Posy

Meskipun klasik, buket bunga pernikahan ini populer di acara pesta pernikahan. Buket bunga ini mempunyai ukuran kecil, bentuknya bulat, dan padat. Untuk membuat buket bunga ini pun memadukan beberapa jenis dan warna bunga mawar. Memiliki ukuran kecil membuat pengantin wanita cukup memegang dengan satu tangan saja. Jenis buket bunga pernikahan ini memiliki kesan manis dan sederhana, cocok untuk Anda yang mempunyai hal minimalis.

  1. Hand-Tied

Umumnya buket bunga ini diisi dengan bunga cerah dan memiliki bentuk bebas atau tidak beraturan dibandingkan dengan buket bunga lainnya. Untuk buket bunga pernikahan ini tidak hanya bunga saja, tetapi juga bisa ditambahkan tumbuhan hijau. Karena memiliki bunga warna cerah, cocok untuk Anda yang sedang mengusung tema pernikahan rustic atau bohemian.

Menyesuaikan Dengan Kenyamanan

Juga jangan lupa untuk mempertimbangkan dengan baik kenyamanan Anda ketika memegang buket bunga pernikahan. Sebab buket bunga ini nantinya akan dipegang selama seharian sampai acara pernikahan selesai. Jika Anda merasa terlalu berat ketika harus memilih bunga dengan ukuran besar. Maka bisa memilih buket bunga nosegay atau posy. Keduanya memiliki ukuran kecil, jadi tidak akan membuat Anda merasa kelelahan nantinya.

Memastikan Musim Mekar Bunga

Perlu diketahui bahwa pilihan bunga ada banyak macamnya. Namun bagian paling penting adalah menentukan bunga mana yang sedang mekar, sehingga bisa menyesuaikan dengan hari pernikahan. Atau hari pernikahan menyesuaikan dengan mekarnya bunga. Pastikan untuk menghindari pemilihan bunga yang mudah layu, karena belum memasuki waktu mekar. Oleh sebab itulah Anda harus mencari informasi lebih dulu mengenai kapan bunga akan mekar dan bisa memilih sesuai selera nantinya.

Mempertimbangkan Anggaran yang Tersedia

Selain itu Anda juga harus membuat pertimbangan yang matang mengenai anggaran untuk membeli buket bunga pernikahan. Perlu diketahui dengan baik terlebih dahulu bahwa setiap jenis buket bunga pernikahan pastinya memiliki harga beli yang berbeda-beda. Pastikan dengan baik terlebih dahulu bahwa anggaran yang disediakan untuk membeli buket bunga tidak kurang atau tidak lebih. Sebab pengeluaran tidak hanya untuk membeli buket bunga pernikahan tentunya.

Memilih Toko Bunga yang Tepat

Hal paling penting yang harus dipertimbangkan dengan baik adalah pemilihan toko buket bunga. Di kota Anda mungkin toko bunga atau florist ini mudah untuk ditemukan. Akan tetapi untuk memilih toko bunga yang benar-benar berpengalaman dan terpercaya tentu bukan hal mudah. Oleh karena itulah, akan lebih baik jika sebelumnya bisa memilih toko bunga yang benar-benar memuaskan dan sudah terpercaya. Apabila belum menemukannya, bisa meminta rekomendasi dari kerabat atau teman yang sudah pernah melakukan pemesanan sebelumnya.

Nah itulah beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik sebelum memilih buket bunga pernikahan. Buket bunga pernikahan yang tepat tentunya akan membuat acara pernikahan menjadi lebih bermakna dan sesuai dengan selera pastinya.

Chat dengan kami melalui WhatsApp